Monday 20 January 2014
Monday, January 20, 2014

Pengenalan Komponen Komputer


Pengelanan komputer itu baik agar kita bisa mendapatkan dasar-dasar mengenai komputer,terkadang setiap individu tidak menghiraukan hal demikian.
Disini saya akan mengenalkan,apa itu komputer ?


komputer adalah sebuah alat elekronik yang terdiri dari tiga bagian sistem, yaitu : perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan manusia/pengguna (brainware)

Perangkat keras (hardware) adalah perangkat yang secara fisik dapat dilihat dan diraba,yang membentuk suatu kesatuan,sehingga dapat difungsikan.

Bedasarkan kegunaanya,perangkat keras (hardware) digolongkan kedalam tiga bagian utama,yaitu :
- alat input
- alat proses
- alat output

A. Alat input

Alat input adalah alat untuk memasukan program maupun data yang akan diprosses di CPU (Central Processing Unit)



Perangkat-perangkat alat Input

A.1 Keyboard
Keyboard adalah perangkat yang mempunyai tuts seperti pada mesin tik, yang dilengkapi beberapa tombol tambahan dengan berbagai fungsi, seperti F1, F2, F3 dst, tombol Delete, tombol Esc, tombol Insert, dan sebagainya.



A.2 Mouse
Mouse adalah perangkat yang berfungsi menggerakkan pointer, menunjukan perintah atau program, seperti pada desktop layar monitor.




B. Alat Proses

Alat proses atau CPU (Central Processing Unit), merupakan alat atau unit terpenting di dalam sistem komputer. Tugas utamanya ialah mengontrol sistem komputer (hardware dan software) selama pengolahan data berlangsung


Perangkat-Perangkat Alat Proses

B.1 Casing
casing adalah perangkat berbentuk tabung yang digunakan untuk wadah atau tempat perangkat-perangkat keras (hardware)CPU.




B.1 Power Supply
power supply  adalah perangkat yang berfungsi menyalurkan arus listrik ke berbagai perangkat CPU. Perangkat ini memiliki lima konektor atau lebih, yang dapat disambungkan ke berbagai perangkat, seperti motherboard, hardisk, floppy disk drive, CD ROM, dan sebagainya.





B.3 Motherboad
Motherboad  adalah perangkat terpenting didalam komputer, yang dijadikan media atau tempat untuk memasang, atau meletakkan berbagai perangkat seperti  : prossesor, memory, card VGA, sound card, card I/O, dan sebagainya.



B.4 Prossesor 
Prosessor  adalah sebuah chip (mikroprocessor) yang merupakan otak dan pusat pengendali berbagai perangkat komputer, sehingga dapat bekerja satu sama lain.


C. Komponen dalam motherboad & cassing 


                                                                        Memory RAM


                                                                             Heatsink



                                                                           Hardiks


                                                                   DVD ROOM




2 Comment: